Printing in Different Colors

Kemajuan teknologi di bidang cetak 3 dimensi memberikan kebebasan bagi kita untuk mencetak benda-benda dari berbagai macam material. Mesin-mesin cetak 3 dimensi yang digunakan untuk aplikasi industri dapat mencetak benda-benda dari bahan logam, seperti besi, emas, dan perak. Akan tetapi, mesin dengan kemampuan seperti ini belum terjangkau bagi segmen non-industri. Mesin-mesin cetak 3 dimensi yang lebih terjangkau dan biasa ditemukan di tempat-tempat, seperti bengkel, makerspace, sekolah, dan rumah, biasanya mencetak dengan menggunakan bahan-bahan dari plastik.

Ada dua bahan yang paling sering digunakan oleh mesin cetak 3 dimensi di seluruh dunia, apalagi di Indonesia. Kedua bahan tersebut adalah ABS dan PLA. Alasan kedua bahan ini yang banyak digunakan adalah kebanyakan mesin cetak 3 dimensi dengan teknologi FDM hanya mampu menggunakan kedua bahan ini. Beberapa penyedia layanan cetak 3 dimensi memiliki printer dengan teknologi lain sehingga mampu mencetak dengan menggunakan sandstone atau resin.

ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene)
ABS merupakan bahan yang paling umum digunakan oleh mesin cetak 3 dimensi. Material ini adalah bahan yang digunakan untuk membuat blok-blok Lego. ABS cenderung mudah digunakan untuk mencetak namun memiliki kecenderungan untuk menyusut dalam proses pendinginannya sehingga sedikit mempengaruhi hasil cetak. Ketika menggunakan ABS, alas cetak harus dipanaskan dan diberi perekat. Bahan ini relatif aman bagi manusia namun sedikit menghasilkan bau plastik ketika ABS dipanaskan.

PLA (Polylactic Acid)
PLA merupakan salah satu jenis plastik polimer yang terbuat dari bahan-bahan yang dapat terurai, seperti tepung jagung, tepung tapioka, atau olahan tebu. Karena terbuat dari bahan yang mudah terurai, PLA ramah lingkungan. Hal inilah yang membuat bahan ini semakin banyak mendapatkan popularitas. PLA dapat menghasilkan cetakan yang kuat dan sangat rapi.

Kedua bahan di atas tersedia dalam berbagai berbagai warna. Hampir seluruh warna dasar tersedia, seperti hitam, putih, merah, kuning, hijau, biru, dan lain-lain. Beberapa perusahaan juga mengembangkan warna-warna tertentu yang menjadi khas perusahaan tersebut.
Material beraneka warna

Selain variasi warna, terdapat juga material yang sedikit tembus cahaya atau bahkan transparan. Ada juga bahan yang menyala di dalam gelap.
Glow in The Dark

Recommended Posts
Showing 2 comments
  • rezk hidayat
    Reply

    Selamat siang

    Apakah itu tali atau sejenis bahan plastik buat prinantny ?

    Terima kasih

    • imaji3d
      Reply

      Hai Rezk
      Bahan cetaknya memang berbentuk seperti gulungan tali tetapi itu sebenarnya terbuat dari plastik.
      Selain plastik, teknologi 3D printing saat ini juga sudah bisa menggunakan bahan lain, seperti nilon,
      polycarbonate, resin, dan karet.

Leave a Comment